RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester : XI
/ 3
Mata Pelajaran : Pemrograman
Dasar
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan
Materi pokok :
Struktur Bahasa Pemrograman
Waktu :
1 x 30 Menit
A.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;
cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif,
toleransi dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan percobaan dan berdiskusi
3.3. Menerapkan struktur bahasa pemrograman Komputer
4.3. Menulis kode pemrograman sesuai dengan aturan dan sintaks bahasa
pemrograman
B.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Dengan berdiskusi siswa mampu menerapkan struktur penulisan
kode/perintah program pada bahasa pemrograman komputer dengan
benar
2.
Dengan praktik siswa mampu membuat
source code menggunakan bahasa pemrograman komputer dengan
tepat
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Menerapkan
struktur penulisan kode/perintah pada bahasa pemrograman komputer dengan benar
2. Mereplikasi
source code sederhana dari bahasa pemrograman komputer secara tepat
D.
Materi
Pembelajaran
1. Struktur Bahasa Pemrograman
2. Source code Bahasa pemrograman C++
E.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1. Alat
Laptop/Komputer dan LCD Proyektor
2. Bahan
Program C++, Slide Powerpoint
3. Sumber belajar
http://libraryeka.blogspot.co.id/2014/02/sejarah-dan-pengertian-c-beserta-fungsi.html
Suprapto.
2008.
Bahasa
Pemrograman Untuk SMK.
Bandung: DITSMK
F.
Metode
/ Model Pembelajaran
Strategi
Pembelajaran : Saintifik
Metode
Pembelajaran : Discovery Learning
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Langkah-langkah
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
|
Kegiatan Peserta
Didik
|
Kegiatan Guru
|
||
Pendahuluan
|
·
Peserta didik
menjawab salam
·
Siswa melaksanakan pe arahan
guru
·
Berdoa
·
Mengamati dan
mencermati penjelasan guru.
|
·
Memberi Salam
·
Berdoa
·
Guru melakukan absensi dan melaksanakan
4 cek (kerapian pakaian, kerapian rambut, kerapian tempat duduk, kebersihan
ruangan)
·
Menyampaikan
penjelasan materi garis besar dan tujuan pembelajaran metode dan penilaian yang
akan dilaksanakan
|
3’
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
·
Siswa mengamati tayangan source code dan hasil kompiler
|
· Guru
menayangkan source code Bahasa
Pemrograman yang dikompile & Run
|
5’
|
Menanya
· Siswa
bertanya tentang materi yang belum paham
· Membuat pertanyaan terkait tayangan presentasi
|
· Guru
mempersilahkan siswa untuk
membuat pertanyaan
· Guru
memberi kesempatan peserta didik untuk menanyakan materi yang belum dipahami.
|
5’
|
|
Mengeksplorasikan/
Mengumpulkan data
·
Siswa mendefinisikan
bahasa Pemrograman
·
Siswa
menjelaskan struktur bahasa
|
·
Guru menginformasikan
agar peserta didik mulai mengumpulkan informasi dengan cara literasi ke perpustakaan atau mencari di
internet
|
5’
|
|
Mengasosiasikan / Menyimpulkan
Siswa menyimpulkan
Struktur dan komponen Bahasa
Pemrograman
|
·
Guru meminta siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangku untuk
mendiskusikan hasil literasi ke
perpustakaan dan dari mencari di internet
·
Guru mengamati
aktifitas dan mengendalikan situasi bila dipandang perlu, serta melaksanakan
penilaian sikap
|
5’
|
|
Mengomunikasikan
Siswa menyampaikan hasil tentang Struktur bahasa Pemrograman
|
· Guru
meminta salah satu siswa
Mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
· Bila
terjadi kesalahan dalam presentasi siswa, guru mencatat dan setelah selesai
diskusi menyampaikan kepada peserta didik lain agar ditemukan penyelesaianya, bila tidak
ada yang bisa guru membetulkan pada saat guru memberikan penguatan.
· Guru
memberikan penguatan dengan memberikan ulasan singkat membetulkan yang salah
dan memberikan apresiasi
· Guru
melakukan penilaian sikap, dengan cara
mencermati pelaksanaan presentasi
|
5’
|
|
Penutup
|
· Salah satu atau lebih peserta didik menyimpulkan hasil mencari informasi
· Peserta didik memperhatikan dengan cermat
untuk mempelajari materi lebih lanjut.
|
·
Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat kesimpulan
·
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan
pesan untuk mempelajari materi berikutnya
|
3’
|
H.
Penilaian
Hasil Belajar
i.
Teknik Penilaian :
a. KI-1
dan KI-2 dengan pengamatan
b. KI-3
dengan cara tes tertulis
c. KI-4
menilai karya siswa
ii.
Prosedur penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
|
a. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
di amati selama proses KBM
b. Bekerjasama
diamati dalam kegiatan diskusi dengan
teman sebangku.
c. Toleransi
diamati dalam diskusi ketika terjadi silang pendapat.
|
Saat berdoa
dan dalam pembelajaran dan
saat diskusi (selama kegiatan inti)
|
2.
|
Pengetahuan
|
·
Tes tertulis bentuk
uraian mengenai struktur bahasa
pemrograman
|
Ulangan Penyelesaian tugas
individu,pada akhir KD
|
3.
|
Keterampilan
|
Membuat Source code bahasa pemrogran
|
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok)
|
I.
Pedoman
Penskoran dan Penilaian
Jenis/Teknik Penilaian : Tes
dan Pengamatan/observasi
Instrumen : Soal
Tertulis
dan Unjuk Kerja
0 Response to "RPP PEMROGRAMAN DASAR KELAS XI K13"
Post a Comment