Kompetensi keahlian :
Teknik Komputer Jaringan
Mata pelajaran :
Pemrograman Dasar
Kelas/Semester : XI/1
Teknik Penilaian :
a. KI-1 dan KI-2 dengan
pengamatan/observasi saat pembelajaran di
dalam kelas
b. KI-3 dengan tes berupa pemberian soal secara tertulis bentuk pilihan ganda
c. KI-4 dengan melihat hasil
kerja siswa
2.
Prosedur penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Bentuk Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Spiritual
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama di amati selama proses KBM
|
Pengamatan saat awal
dan akhir pembelajaran
|
2.
|
Sikap
|
Toleransi diamati dalam diskusi ketika terjadi
proses pemecahan masalah yang berbeda.
|
saat diskusi
(selama kegiatan pembelajaran)
|
3.
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis
bentuk soal pilihan ganda
|
Pengerjakan soal diakhir penyampaian KD
|
4.
|
Keterampilan
|
Memecahkan
permasalahan dengan bahasa pemrograman C++ pada sebuah program
|
Penyelesaian soal diakhir penyampaian KD
|
3. Rubrik Penilaian :
a. Rubrik Penilaian Spiritual
Menjalankan Agama yang Dianutnya
Skor
|
Rubrik
|
4
|
Mengawali pembelajaran
dengan berdoa dengan konsentrasi sesuai dengan agama yang dianut
|
3
|
Mengawali pembelajaran
dengan berdoa dengan cukup konsentrasi sesuai dengan agama yang dianut
|
2
|
Mengawali pembelajaran
dengan berdoa dengan kurang konsentrasi sesuai dengan agama yang dianut
|
1
|
Tidak Mengawali
pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu
|
b.
Rubrik Penilaian Sikap
Menjalankan sikap Toleransi dengan sesama
Skor
|
Indikator Toleran
|
Penilaian Toleran
|
4.
|
Menerima
kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
|
Skor 4 jika 4
indikator konsisten ditunjukkan peserta didik
|
3.
|
Menerima
perbedaan pendapat, suku, agama, ras, budaya, dan gender
|
Skor 3 jika
3indikator konsisten ditunjukkan peserta didik
|
2.
|
Berempati
terhadap kondisi orang lain
|
Skor 2 jika
2indikator konsisten ditunjukkan peserta didik
|
1.
|
Bisa menyesuaikan
diri dengan lingkungan sekitar
|
Skor 1 jika 1
atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
|
c. Rubrik penilaian pengetahuan
Skor
|
Indikator
|
1
|
Siswa benar dalam
menjawab soal pilihan ganda
|
0
|
Siswa tidak benar
dalam menjawab soal pilihan ganda
|
d. Rubrik penilaian
keterampilan
Aspek
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Persiapan Kerja
|
Siswa sangat
lancar dalam menggunakan komputer sesuai SOP
|
Siswa lancar
dalam menggunakan
komputer sesuai SOP
|
Siswa cukup
lancar dalam menggunakan
komputer sesuai SOP
|
Siswa kurang
lancar dalam menggunakan
komputer sesuai SOP
|
Proses Kerja
|
Siswa sangat lancar dalam menggunakan aplikasi Pemrograman
C++
|
Siswa ancer dalam
menggunakan aplikasi Pemrograman C++
|
Siswa cukup dalam
menggunakan aplikasi Pemrograman C++
|
Siswa kurang dalam
menggunakan aplikasi Pemrograman C++
|
Hasil Kerja
|
Siswa sangat cepat dan sesuai dalam menuliskan source code C++
|
Siswa cepat dan sesuai dalam menuliskan source code C++
|
Siswa kurang cepat dan sesuai dalam menuliskan source code C++
|
Siswa tidak cepat dan sesuai dalam menuliskan source code C++
|
Tabel Konversi dari
skor (1 – 100) ke (1 – 4)
INTERVAL SKOR
|
HASIL KONVERSI
|
PREDIKAT
|
KRITERIA
|
96 – 100
|
4.00
|
A
|
SB
|
91 – 95
|
3.66
|
A-
|
|
86 – 90
|
3.33
|
B+
|
B
|
81 – 85
|
3.00
|
B
|
|
75 – 80
|
2.66
|
B -
|
|
70 – 74
|
2.33
|
C+
|
C
|
65 – 69
|
2.00
|
C
|
|
60 – 64
|
1.66
|
C-
|
|
55 – 59
|
1.33
|
D+
|
K
|
< 54
|
1.00
|
D
|
Kompetensi dasar
|
Indikator Soal
|
Butir Soal
|
Ranah/
Taksonomi
|
Kunci jawab
|
3.3 Menerapkan
struktur bahasa pemrograman Komputer
|
Siswa
mampu menyebutkan simbol dan menjelaskan struktur pemrograman dengan benar
Siswa
mampu memahami sintak pada bahasa pemrograman dengan benar
Siswa
mampu menjelaskan struktur bahasa pemrograman dengan benar
Siswa
mampu menartikan macam-macam simbol
Siswa
mampu memahami source code pada bahasa pemrograman dengan benar
|
1.
Perhatikan simbol disebut … dan fungsi untuk …
a. Braces, Mengindikasikan
single atau multidimensional array
b. Braket, Mengindikasikan
single atau multidimensional array
c. Braces, Mengindikasikan
Awal (start) dan akhir (end) program
d. Braket, Mengindikasikan
Awal (start) dan akhir (end) program
2.
Penulisan variabel dalam
C++ bersifat Case Sensitive artinya...
a. Tanda
spasi diperhitungkan
b. Huruf besar
dan kecil diperhitungkan
c. Tanda
spasi diubah dengan underscore
d. Tanda
spasi diubah dengan tanda titik
e.
Tanda spasi diubah dengan tanda strip
(minus)
Soal
3 sampai dengan 5 perhatikan berikut ini
3.
Pada penggalan tulisan kode sumber
diatas, 3 baris paling atas disebut …
a.
Header
b.
Body
c.
Directive
d.
Variable
e.
Comment
4.
Simbol # pada #include<iostream> mengartikan ...
a.
Mengarahkan dan mengistruksikan kompilator
b.
Mengarahkan dan menginstruksikan preprosessor
c.
Mengarahkan preprosessor
d.
Mengisyaratkan akhir dari code program
e.
Memulia program
5.
Setelah dikompiler dan di jalankan maka tampilan
dilayar monitor adalah ...
a.
“Hello World”
b.
Hello World;
c.
Hello World!;
d.
Hello World!
e.
Hello
World
|
C2
C1
C1
C2
C2
|
C
B
E
A
D
|
4.3 Menulis kode pemrograman sesuai dengan aturan dan
sintaks bahasa pemrograman
|
Siswa
mampu membuat source code menggunakan bahasa
pemrograman C++ dengan tepat
|
Membuat source code dan ketika di kompilasi dan di jalankan menampilkan tulisan:
Nama: Nama
Siswa
NIS:Nomor
Induk Siswa
|
P2
|
0 Response to "INSTRUMEN PENILAIAN DAN CONTOH SOAL STRUKTUR PROGRAM"
Post a Comment