TAK SEMUA YANG DAPAT DIHITUNG DIPERHITUNGKAN

TAK SEMUA YANG DIPERHITUNGKAN DAPAT DI HITUNG

INSTRUMEN PENILAIAN DAN CONTOH SOAL STRUKTUR PROGRAM

Kompetensi keahlian   : Teknik Komputer Jaringan
Mata pelajaran             : Pemrograman Dasar

Kelas/Semester            : XI/1

Teknik Penilaian :
a.       KI-1 dan KI-2 dengan pengamatan/observasi saat pembelajaran di dalam kelas
b.      KI-3 dengan tes berupa pemberian soal secara tertulis bentuk pilihan ganda
c.       KI-4 dengan melihat hasil kerja siswa

2. Prosedur penilaian :
No
Aspek yang dinilai
Bentuk Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Spiritual

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama di amati selama proses KBM
Pengamatan saat awal dan akhir  pembelajaran
2.
Sikap
Toleransi diamati dalam diskusi ketika terjadi proses pemecahan masalah yang berbeda.
saat diskusi (selama  kegiatan   pembelajaran)
3.
Pengetahuan

Tes tertulis bentuk soal pilihan ganda

                                           
Pengerjakan soal diakhir penyampaian KD
4.

Keterampilan

Memecahkan permasalahan dengan bahasa pemrograman C++ pada sebuah program
Penyelesaian soal  diakhir penyampaian KD





3. Rubrik Penilaian :
a.       Rubrik Penilaian Spiritual
Menjalankan Agama yang Dianutnya
Skor
Rubrik
4
Mengawali pembelajaran dengan berdoa dengan konsentrasi sesuai dengan agama yang dianut
3
Mengawali pembelajaran dengan berdoa dengan cukup konsentrasi sesuai dengan agama yang dianut
2
Mengawali pembelajaran dengan berdoa dengan kurang konsentrasi sesuai dengan agama yang dianut
1
Tidak Mengawali pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu

b.      Rubrik Penilaian Sikap   
Menjalankan sikap Toleransi dengan sesama
Skor
Indikator Toleran
Penilaian Toleran
4.
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik
3.
Menerima perbedaan pendapat, suku, agama, ras, budaya, dan gender
Skor 3 jika 3indikator konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Berempati terhadap kondisi orang lain
Skor 2 jika 2indikator konsisten ditunjukkan peserta didik
1.
Bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik

c.       Rubrik penilaian pengetahuan
Skor
Indikator
1
Siswa benar dalam menjawab soal pilihan ganda
0
Siswa tidak benar dalam menjawab soal pilihan ganda




d.      Rubrik penilaian keterampilan
Aspek
4
3
2
1
Persiapan Kerja
Siswa sangat lancar dalam menggunakan komputer sesuai SOP   
Siswa lancar dalam menggunakan
komputer sesuai SOP
Siswa cukup lancar dalam menggunakan
komputer sesuai SOP
Siswa kurang lancar dalam menggunakan
komputer sesuai SOP
Proses Kerja
Siswa sangat lancar dalam menggunakan aplikasi Pemrograman C++
Siswa ancer dalam menggunakan aplikasi Pemrograman C++
Siswa cukup dalam menggunakan aplikasi Pemrograman C++
Siswa kurang dalam menggunakan aplikasi Pemrograman C++
Hasil Kerja
Siswa sangat cepat dan sesuai dalam menuliskan source code C++
Siswa cepat dan sesuai dalam menuliskan source code C++
Siswa kurang cepat dan sesuai dalam menuliskan source code C++
Siswa tidak cepat dan sesuai dalam menuliskan source code C++

Tabel Konversi dari skor (1 – 100) ke (1 – 4)
INTERVAL SKOR
HASIL KONVERSI
PREDIKAT
KRITERIA
96 – 100
4.00
A
SB
91 – 95
3.66
A-
86 – 90
3.33
B+
B
81 – 85
3.00
B
75 – 80
2.66
B -
70 – 74
2.33
C+
C
65 – 69
2.00
C
60 – 64
1.66
C-
55 – 59
1.33
D+
K
<  54
1.00
D

 Instrumen Soal
Kompetensi dasar
Indikator Soal
Butir Soal
Ranah/
Taksonomi
Kunci jawab
3.3 Menerapkan struktur bahasa pemrograman Komputer

Siswa mampu menyebutkan simbol dan menjelaskan  struktur pemrograman dengan benar



Siswa mampu memahami sintak pada bahasa pemrograman dengan benar















Siswa mampu menjelaskan struktur bahasa pemrograman dengan benar

Siswa mampu menartikan macam-macam simbol





Siswa mampu memahami source code pada bahasa pemrograman dengan benar

1.      Perhatikan simbol Description: Capture5.PNGdisebut … dan fungsi untuk …
a.       Braces, Mengindikasikan single atau multidimensional array
b.      Braket, Mengindikasikan single atau multidimensional array
c.       Braces, Mengindikasikan Awal (start) dan akhir (end) program
d.      Braket, Mengindikasikan Awal (start) dan akhir (end) program
2.      Penulisan variabel dalam C++ bersifat Case Sensitive artinya...
a.       Tanda spasi diperhitungkan
b.      Huruf besar dan kecil diperhitungkan
c.       Tanda spasi diubah dengan underscore 
d.      Tanda spasi diubah dengan tanda titik
e.      Tanda spasi diubah dengan tanda strip (minus)
Soal 3 sampai dengan 5 perhatikan berikut ini

3.      Pada penggalan tulisan kode sumber diatas, 3 baris paling atas disebut …
a.       Header
b.      Body
c.       Directive
d.      Variable
e.       Comment
4.      Simbol # pada #include<iostream> mengartikan ...
a.       Mengarahkan dan mengistruksikan kompilator
b.      Mengarahkan dan menginstruksikan preprosessor
c.       Mengarahkan preprosessor
d.      Mengisyaratkan akhir dari code program
e.       Memulia program
5.      Setelah dikompiler dan di jalankan maka tampilan dilayar monitor adalah ...
a.       “Hello World”
b.      Hello World;
c.       Hello World!;
d.      Hello World!
e.      Hello
World
C2






C1

















C1




C2





C2




C






B

















E




A





D


4.3 Menulis kode pemrograman sesuai dengan aturan dan sintaks bahasa pemrograman

Siswa mampu membuat source code menggunakan bahasa pemrograman C++ dengan tepat

Membuat source code dan ketika di kompilasi dan di jalankan menampilkan tulisan:
  
    Nama: Nama Siswa
    NIS:Nomor Induk Siswa
P2

0 Response to "INSTRUMEN PENILAIAN DAN CONTOH SOAL STRUKTUR PROGRAM"

Post a Comment