RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Fisika
Kelas/Semester :
X/Dua
Materi : Memahami Konsep Momen Gaya dan
Momen Inersia.
Alokasi Waktu :
2
Pertemuan (2 x
45 Menit)
A. Komptensi Inti
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
santun, responsiv dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai masalah dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kajadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
|
KI 4 :
|
Mengelola, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaiadah
keilmuan
|
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
3.10
Menganalisis gerak
translasi dan rotasi
3.11 Menerapkan konsep
kesetimbangan benda tegar
4.7 Memecahkan masalah kesetimbangan benda tegar
C.
Indikator
1.
Peserta didik menghayati
kebesaran Tuhan melalui pokok bahasan memahami konsep gerak translasi
dan gerak rotasi
2.
Peserta didik mengamalkan
rasa syukur kepada Tuhan karena diberi kesempatan untuk memahami
konsep momen gaya dan momen inersia
3.
Peserta didik menjalankan
prilaku ilmiah dalam mempelajari materi memahami konsep momen gaya dan
momen inersia.
4.
Peserta didik menunjukkan
prilaku ilmiah dalam melakukan percobaan dan berdiskusi memahami
konsep momen gaya dan momen inersia
5.
Peserta didik mengamalkan
sikap menghargai kerja individu dan kelompok dalam perbedaan strategi untuk
menyelesaikan masalah memahami konsep momen gaya dan momen
inersia.
6.
Peserta didik menerapkan
sikap tangguh bertanggung jawab, rasa ingin tahu, disiplin, kritis, dan jujur
dalam mempelajari materi memahami memahami konsep momen gaya dan
momen inersia
7.
Peserta didik memahami konsep
momen gaya dan memformulasikannya.
8.
Peserta didik memahami konsep
momen inersia dan memformulasikannya .
9.
Peserta didik menganalisis
momen inersia benda tegar pada sumbu putar.
10.
Peserta didik menyajikan
hasil percobaan terkait konsep momen gaya dan momen inersia.
11.
Peserta didik mengamati
fenomena dalam kehidupan sehari-hari terkait konsep momen gaya dan momen inersia.
|
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran, peserta
didik diharapkan dapat:
1.
menghayati dan mensyukuri
kebesaran Tuhan yang menciptakan keteraturan dan ketelitian dalam bentuk ilmu
pengetahuan fisika khususnya pengetahuan yang membahas konsep momen gaya dan
momen inersia,
2.
mengamalkan perilaku ilmiah,
serta menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi,
3.
menerapkan konsep momen gaya
dan momen inersia.
4.
menyajikan percobaan sederhana
dengan menerapkan konsep momen gaya dan momen inersia.
E.
Materi Ajar
- Momen Gaya
- Momen Sudut
- momen inersia
- Energi Kinetik Rotasi
- Keseimbangan Benda Tegar
- Titik Berat
- Macam-macam Keseimbangan
- Pendekatan :
Pendekatan ilmiah (scientifict
approach)
- Metode : Percobaan/eksperimen, diskusi, tanya
jawab, dan ceramah.
B.
Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran
- Media dan
Alat :
a.
Media Presentasi.
b.
Alat dan Gambar Peraga.
- Sumber
Belajar :
a.
Diktat/Buku Ajar Fisika Kelas XI.
b.
Halliday & Resnick. 1991. Fisika 1,2 (Terjemahan). Jakarta:
Erlangga.
c.
Kanginan , Marthen. 1996. Fisika SMA. Jakarta: Erlangga.
d.
Internet.
C.
Kegiatan
Pembelajaran
- Pertemuan
Pertama 2 JP, @ 1 X 45 menit
LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
|
Peserta didik
|
Guru
|
||
Pendahuluan
|
· Peserta didik
menjawab salam
· Bila belum rapi
peserta didik membenahi 5 R
· Berdoa
· Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang garis besar dan tujuan pembelajaran dan
penilaian.
· Pesertadidik
peserta didik mencermati (mengamati) sajian masalah dari tayangan power point guru
· Peserta didik membagi
kelompok sesuai dengan arahan guru serta memperhatikan penjelasan tehnik
pelaksanaan pembelajaran
kelompok.
|
· Memberi Salam
· Guru memeriksa
kesiapan siswa ( buku, alat tulis dll ) dan tempat pembelajaran
(kebersihan dan kenyamanan)
· Berdoa
· Guru
mengabsen siswa
· Guru
menyampaikan penjelasan materi garis besar dan tujuan pembelajaran dan
penilaian yang akan dilaksanakan
Ø Pemberian rangsangan ( stimulus )
Guru memberikan beberapa contoh permasalahan dalam kehidupan
sehari-hari terkait dengan momen
gaya menggunakan Power point
Ø Identifikasi masalah
Guru memberi pertanyaan
mendasar (start with the essential
questions). Faktor yang
mempengaruhi momen gaya, dan peristiwa rotasi
Mengorganisasi
peserta didik untuk belajar
Membagi kelompok dengan
teman semeja serta menjelaskan tehnik pelaksanaan
pembelajaran kelompok untuk
menjawab permasalahan
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati (15 menit)
·
Peserta
didik membaca/mempelajari materi momen gaya, momentum sudut, mommen inersia
Menanya
(5 menit)
·
Peserta
didik dapat mengajukan pertanyaan kepada teman sekelompoknya apabila
ada yang belum paham dan bila teman tidak bisa dapat bertanya pada guru
·
Mengumpulkan informasi (10 menit)
Siswa
mencari informasi untuk menyelesaikan permasalahan (buku, teman, guru)
Mengasosiasi ( 20 menit)
·
Peserta didik melakukan pembuktian data baik
individual maupun kelompok
·
Peserta didik membahas lembar soal latihan yang
terdapat dalam diktat .
Kemudian, setiap kelompok untuk melakukan pencermatan dan mendikusikan menyelesaikan soal
·
Apabila
dalam pembahasan terjadi kebuntuan/tidak paham dapat ditanyakan kepada guru
Mengkumunikasikan (25 menit)
Ø Mengembangkan
dan menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas
·
Semua
kelompok bergantian (bila waktu mencukupi) mempresentasikan
hasil diskusinya ke depan kelas. Sementara kelompok lain, mencermati dan
menanggapi dapat menanyakan yang belum dimengerti, menambah, mengurangi hasil
pekerjaan kelompok yang presentasi.
|
Ø Pengumpulan Data
· Guru pengambilan/mengamati
nilai sikap dari (KI 1 dan KI 2)
· Guru sambil
menggendalikan situasi bila mana perlu.
· Guru memberikan
penjelasan kepada peserta didik yang bertanya, baik secara individu maupun
kelompok
· Guru
memberikan informasi yang diperlukan siswa
Ø Pembuktian data
Membimbing
penyelidikan individual maupun kelompok
·
Guru
meminta siswa mengerjakan
soal latihan dalam buku kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dan memotivasi dan
memfasilitasi untuk menghubungkan besaran yang mempengaruhi
momen gaya, momen inersia, momentum sudut
· Guru mengamati
aktifitas diskusi dan mengendalikan situasi bila dipandang perlu, serta
melaksanakan penilaian sikap
· Guru menjawab
pertanyaan
peserta didik yang memerlukan baik secara kelompok maupun secara individu.
Ø Mengembangkan
dan menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas
· Guru meminta masing-masing
kelompok secara begantian
mempresentasikan hasil
diskusinya di depan kelas
· Guru disamping melakukan
penilaian sikap, juga mencermati pelaksanaan dikusi merekam dengan seksama
kekurang dan kelebihan diskusi masing-masing kelompok sebagai bahan kenguatan
setelah selesai dikusi.
· Bila terjadi
kesalahan dalam presentasi guru mencatat dan setelah selesai diskusi
menyampaikan kepada peserta didik lain
agar ditemukan penyelesaianya, bila tidak ada yang bisa guru
membetulkan pada saat guru memberikan penguatan.
· Guru memberikan
penguatan dengan memberikan ulasan singkat membetulan yang salah dan
memberikan apresiasi bagi yang berhasil baik secara individu( sebagai
moderator, presenter, menjawab pertanyaan, dll ) maupun kelompok yang
terbaik.
|
65 menit
|
Penutup
|
· Salah satu atau
lebih peserta didik menyimpulkan
tentang materi yang sudah dipelajari
· Peserta didik mencatat pekerjaan rumah
· Peserta didik
memperhatikan dengan cermat untuk mempelajari materi lebih lanjut.
.
|
Ø Menarik kesimpulan
· Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat kesimpulan tentang unsur,prinsip, bahan, media, jenis, dan teknik dalam proses berkarya seni rupa dua dimensi
(TUGAS
TIDAK TERSRUKTUR )
· Guru memberikan tugas / PR untuk mencari contoh diinternet tentang soal-soal momen gaya
momentum sudut dan momen inersia
· Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan untuk mempelajari
materi berikutnya yaitu keseimbangan benda tegar pusat massa macam-macam
keseimbangan
|
10 menit
|
Pertemuan kedua (2 x 45 menit)
LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
|
Peserta didik
|
Guru
|
||
Pendahuluan
|
· Peserta didik
menjawab salam
· Bila belum rapi
peserta didik membenahi 5 R
· Berdoa
· Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang garis besar dan tujuan pembelajaran dan
penilaian.
· Pesertadidik
peserta didik mencermati (mengamati) sajian masalah dari tayangan power point guru
·
Peserta didik membagi kelompok
sesuai dengan arahan guru serta memperhatikan penjelasan tehnik pelaksanaan
pembelajaran
kelompok.
|
· Memberi Salam
· Guru memeriksa
kesiapan siswa ( buku, alat tulis dll ) dan tempat pembelajaran
(kebersihan dan kenyamanan)
· Berdoa
· Guru
mengabsen siswa
· Guru
menyampaikan penjelasan materi garis besar dan tujuan pembelajaran dan penilaian
yang akan dilaksanakan
Ø Pemberian rangsangan ( stimulus )
Guru
memberikan beberapa contoh permasalahan dalam kehidupan sehari-hari terkait
dengan keseimbangan benda tegar
pusat massa dan macam-macam keseimbangan menggunakan Power point
Ø Identifikasi masalah
Guru memberi pertanyaan
mendasar (start with the essential
questions). Faktor yang
mempengaruhi keseimbangan benda tegar pusat massa dan macam-macam
keseimbangan
Mengorganisasi
peserta didik untuk belajar
Membagi kelompok dengan
teman semeja serta menjelaskan tehnik pelaksanaan
pembelajaran kelompok untuk
menjawab permasalahan
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati (15 menit)
·
Peserta
didik membaca/mempelajari materi momen gaya, momentum sudut, mommen inersia
Menanya
(5 menit)
·
Peserta
didik dapat mengajukan pertanyaan kepada teman sekelompoknya apabila
ada yang belum paham dan bila teman tidak bisa dapat bertanya pada guru
·
Mengumpulkan informasi (10 menit)
Siswa
mencari informasi untuk menyelesaikan permasalahan (buku, teman, guru)
Mengasosiasi ( 20 menit)
·
Peserta didik melakukan pembuktian data baik
individual maupun kelompok
·
Peserta didik membahas lembar soal latihan yang
terdapat dalam diktat .
Kemudian, setiap kelompok untuk melakukan pencermatan dan mendikusikan menyelesaikan soal
·
Apabila
dalam pembahasan terjadi kebuntuan/tidak paham dapat ditanyakan kepada guru
Mengkumunikasikan (25 menit)
Ø Mengembangkan
dan menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas
·
Semua
kelompok bergantian (bila waktu mencukupi) mempresentasikan
hasil diskusinya ke depan kelas. Sementara kelompok lain, mencermati dan
menanggapi dapat menanyakan yang belum dimengerti, menambah, mengurangi hasil
pekerjaan kelompok yang presentasi.
|
Ø Pengumpulan Data
· Guru
pengambilan/mengamati nilai sikap dari
(KI 3
dan KI 4)
· Guru sambil
menggendalikan situasi bila mana perlu.
· Guru memberikan
penjelasan kepada peserta didik yang bertanya, baik secara individu maupun
kelompok
· Guru
memberikan informasi yang diperlukan siswa
Ø Pembuktian data
Membimbing
penyelidikan individual maupun kelompok
·
Guru
meminta siswa mengerjakan
soal latihan dalam buku kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dan memotivasi dan
memfasilitasi untuk keseimbangan benda tegar pusat massa dan macam-macam
keseimbangan
· Guru mengamati
aktifitas diskusi dan mengendalikan situasi bila dipandang perlu, serta
melaksanakan penilaian sikap
· Guru menjawab
pertanyaan
peserta didik yang memerlukan baik secara kelompok maupun secara individu.
Ø Mengembangkan
dan menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas
· Guru meminta masing-masing
kelompok secara begantian
mempresentasikan hasil
diskusinya di depan kelas
· Guru disamping melakukan
penilaian sikap, juga mencermati pelaksanaan dikusi merekam dengan seksama
kekurang dan kelebihan diskusi masing-masing kelompok sebagai bahan kenguatan
setelah selesai dikusi.
· Bila terjadi
kesalahan dalam presentasi guru mencatat dan setelah selesai diskusi
menyampaikan kepada peserta didik lain
agar ditemukan penyelesaianya, bila tidak ada yang bisa guru
membetulkan pada saat guru memberikan penguatan.
· Guru memberikan
penguatan dengan memberikan ulasan singkat membetulan yang salah dan
memberikan apresiasi bagi yang berhasil baik secara individu (sebagai
moderator, presenter, menjawab pertanyaan, dll) maupun kelompok yang
terbaik.
|
65 menit
|
Penutup
|
· Salah satu atau
lebih peserta didik menyimpulkan
tentang materi yang sudah dipelajari
· Peserta didik mencatat pekerjaan rumah
· Peserta didik
memperhatikan dengan cermat untuk mempelajari materi lebih lanjut.
.
|
Ø Menarik kesimpulan
· Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat kesimpulan tentang unsur,prinsip, bahan, media, jenis, dan teknik dalam proses berkarya seni rupa dua dimensi
(TUGAS
TIDAK TERSRUKTUR )
· Guru memberikan tugas / PR untuk mencari contoh diinternet tentang soal-soal momen gaya
momentum sudut dan momen inersia
· Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan untuk mempelajari
materi berikutnya yaitu keseimbangan benda tegar pusat massa macam-macam
keseimbangan
|
10 menit
|
- Teknik dan Bentuk Instrumen
0 Response to "RPP KESEIMBANGAN BENDA TEGAR K13"
Post a Comment