TAK SEMUA YANG DAPAT DIHITUNG DIPERHITUNGKAN

TAK SEMUA YANG DIPERHITUNGKAN DAPAT DI HITUNG

RPP ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN EVALUASI VLAN KURIKULUM 2013 TERBARU


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    : SMK
Mata Pelajaran          : Administrasi Infrastruktur Jaringan
Bidang Keahlian       : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program keahlian     : Teknik Komputer dan Informatika
Kelas / Semester        : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran       : 2017/2018
Alokasi Waktu           : 30 JP ( 5 Pertemuan)

A.    KOMPETENSI INTI
Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
KI 3 : Memahami,menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung
B.     Kompetensi Dasar
3.1 Mengevaluasi VLAN pada jaringan
4.1 Konfigurasi VLAN
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan konsep VLAN
3.1 1. Menentukan cara konfigurasi VLAN
4.1.1 Melakukan konfigurasi VLAN
4.1.2 Menguji hasil konfigurasi VLAN
4.1.3 Membuat laporan konfigurasi VLAN
D.    Tujuan Pembelajaran
Sikap
1.     Peserta didik memulai pelajaran dengan berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing dengan khidmat (religius)
   2.        Peserta didik secara aktif  mendiskuskan materi yang dipelajari dengan percaya diri
   3.        Peserta didik dengan disiplin melaksanakan praktikum di LAB sesuai SOP
Pengetahuan
 1. Peserta Didik dengan diskusi secara aktif memperoleh informasi dan memahami konsep VLAN dengan benar
  2.    Peserta didik dengan diskusi secara aktif dapat menentukan konfigurasi VLAN dengan benar 
 3. Peserta didik dengan diskusi secara aktif dapat memahami langkah-langkah konfigurasi konfigurasi VLAN dengan benar
 4.    Peserta didik dengan diskusi secara aktif dapat memahami langkah-langkah pengujian VLAN dengan benar
Keterampilan
             1.        Peserta didik  melaksanakan praktek konfigurasi VLAN sesuai SOP
             2.         Peserta didik melaksanakan praktek pengujian konfigurasi VLAN Dengan Disiplin 
             3.         Peserta didik membuat laporan praktek konfigurasi VLAN Dengan Disiplin 

E.     Materi Pembelajaran
Vitual LAN (VLAN)
             1.      Pengertian VLAN
             2.      Mode port switch
             3.      VLAN ID
             4.      Standard IEEE 802.1Q
             5.      VLAN Membership
            6.      VLAN Trunking
            7.      Virtual trunking protocol (VTP)
   8.      Inter-VLAN Routing
9.      Access control list
10.  VLAN Tagging
11.  Fungsi dan cara kerja managed switch
12.  Prosedur dan Teknik konfigurasi VLAN
13.  Prosedur pembuatan laporan konfigurasi VLAN


F.     Metode Pembelajaran
1. Pendekatan                  : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran    : Problem Based Learning
3. Metode                         : Diskusi, Tanya Jawab, Praktek, Presentasi
G.    Kegiatan Pembelajaran
1  Pertemuan Ke-1 ( 6 x 45 menit )
Kegiatan
Guru
Peserta didik
Waktu
Pendahuluan
§  Memberi salam
§  Memeriksa kesiapan siswa (kelengkapan berpakaian) dan tempat pembelajaran (kebersihan, kerapian dan kenyamanan)
§  Berdoa
§  Guru melakukan presensi siswa
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran
§  Menjawab salam
§  Bila belum rapi peserta didik membenahi


§  Berdoa (religius)
§  Siswa merespon
§  Mengamati dan mencermati penjelasan guru

10 menit
Inti

§  Mengamati kasus komputer di kantor A agar dapat berkomunikasi dengan komputer di Kantor B


§  Menampilkan materi tentang, pengertian dan konsep VLAN, fungsi VLAN, cara kerja VLAN, Tipe VLAN untuk membantu siswa dalam menyusun rencana penyelesaian masalah



§  Membagikan handout sebagai salah satu acuan
§  Browsing internet (4C)
§  Memfasilitasi peserta didik dalam diskusi







§  Meminta salah satu perwakilan  kelompok mempresentasikan hasil  praktikumnya


§  Memberikan penguatan dengan memberikan ulasan singkat membetulkan yang salah dan memberikan apresiasi bagi yang berhasil baik secara individu maupun kelompok  yang  terbaik.
Sintak 1. Mengidentifikasi masalah
§  Melakukan identifikasi terhadap masalah yang disajikan guru


Sintak 2. Menetapkan masalah melalui berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
Mengamati penjelasan guru, dan menggali informasi tentang pengertian fungsi konsep VLAN

Sintak 3. Mengembangkan solusi melalui pengidentifikasian alternatif-alternatif, tukar-pikiran dan mengecek perbedaan pandang
§  Melakukan diskusi tentang VLAN untuk mengumpulkan informasi tambahan dari handout (4C)
§  Menetapkan solusi dari masalah

Sintak 4. Melakukan tindakan strategis
§  Perwakilan salah satu kelompok mempresentasikan hasil praktikumnya (C4)

Sintak 5. Melihat ulang dan mengevaluasi pengaruh-pengaruh dari solusi yang dilakukan
§  Mengevaluasi hasil presentasi
§  Menyampaikan hambatan-hambatan selama proses pembelajaran



150 menit














Penutup
§  Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan / rangkuman materi
§  Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu simulasi  VLAN pada packet tracert
§  Guru menutup pelajaran dengan berdoa dan diakhiri dengan mengucapkan salam.
§  Membuat  kesimpulan / rangkuman materi



§  Berdoa
§  Menjawab Salam

20 menit


Pertemuan 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 not allowed
    
Media, Alat, dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point) PDF
B.     Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Administrasi Infrastruktur Jaringan Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan
C.    Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Pengamatan
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk
D.    Instrumen Penilaian
Terlampir
Ngawen,  Juli 2018
                                                                                           Guru Mata Pelajaran


                                                                                           Hari Nurdi, S.Si
                                                                                           NIP. 19.............................

0 Response to "RPP ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN EVALUASI VLAN KURIKULUM 2013 TERBARU"

Post a Comment