RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Fisika
Kelas/Semester :
X /DUA
Materi Pokok : IMPULS dan MOMENTUM
Alokasi Waktu : 6x Pertemuan (12 JP)
A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi
Dasar
3.9 Memahami konsep impuls
dan hukum kekekalan momentum
4.6 Menganalisis hubungan impuls dan momentum
dalam perhitungan
C. Indikator
:
Pengetahuan
·
Menjelaskan konsep impuls dan momentum
·
Menjelaskan hubungan impuls dan momentum
·
Menentukan hukum kekekalan momentum untuk sistem tanpa
gaya luar
Ketrampilan
·
Menerapkan konsep hukum kekekalan momentum pada roket
·
Menerapkan hukum kekekalan energi dan hukum kekekalan
momentum untuk berbagai peristiwa tumbukan dalam kehidupan sehari-hari
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan konsep impuls dan momentum
melalui percobaan dan pengamatan sederhana dengan tepat
2.
Siswa dapat menjelaskan hubungan impuls dan momentum
melalui percobaan dan pengamatan sederhana dengan tepat
3.
Siswa dapat menentukan hukum kekekalan momentum untuk
sistem tanpa gaya luar melalui percobaan dan pengamatan sederhana dengan tepat
4.
Siswa dapat menerapkan konsep hukum kekekalan momentum
pada roket melalui praktikum dengan benar
5.
Siswa dapat menerapkan hukum kekekalan energi dan
hukum kekekalan momentum untuk berbagai peristiwa tumbukan dalam kehidupan
sehari-hari melalui pengamatan dengan benar
E. Materi
Pembelajaran
Fakta
:
·
Setiap partikel yang ada di jagad raya ini senantiasa
bergerak
·
Benda bergerak dikarenakan adanya kecepatan akibat
gaya luar yang mempengaruhinya
·
Partikel yang bergerak berpeluang untuk bertumbukan
satu sama lain
Konsep :
·
Pengertian Impuls dan Momentum
·
Hubungan Impuls dan Momentum
·
Tumbukan (lenting sebagian , lenting sempurna , tidak
lenting sama sekali)
Prinsip :
·
Hukum Kekekalan momentum
Prosedur :
·
Percobaan hukum kekekalan momentum (pembuatan roket
air)
F. Metode
Pembelajaran
·
Presentasi
·
Diskusi
·
Tanya jawab
E. Media,
Alat dan Sumber Belajar
·
Media :
power point
·
Alat : lcd komputer
·
Sumber Belajar : diktat
F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan
Pertama
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
|
Pendahuluan
Guru :
· Membuka
pelajaran dengan mengucapkan salam,assalamu’alaikum.wr.wb
· Memberikan
motivasi siswa untuk semangat dalam belajar dan bersungguh-sungguh dalam
mengikuti pelajaran hari ini
· Menyampaikan
indicator pembelajaran hari ini
· Guru
memberikan stimulus : dengan percobaan sederhana untuk menentukan definisi
Impuls dan Momentum.
|
Siswa :
· Menjawab salam
dari guru
· Siswa menerima
motivasi dan sangat antusis dalam mengikuti pelajaran
· Perwakilan
siswa maju kedepan kelas untuk melakukan percobaan.
· Siswa
lainnya mengamati dan memberi pendapat untuk menentukan definisi Impuls dan
Momentum melalui percobaan
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
Guru :
· Guru
memberikan penguatan tentang cermin cekung.
· Guru
mengorganisasi siswa untuk belajar
· Guru
memberikan informasi dengan memberikan gambar proses terjadinya impuls
Guru :
· Guru menyiapkan
LKS dan diberikan kepada peserta didik.
· Guru menilai
sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai keterampilan
mencoba, menggunakan alat, dan mengolah data, serta menilai kemampuan peserta
didik menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah
· Guru membimbing
siswa untuk menentukan hubungan impuls dan momentum
· Guru : meminta
perwakilan kelompok untuk menggambarkan pembentukan terjadinya
impuls-momentum , serta menuliskan penurunan rumus impuls
momentum.
|
Siswa :
Mengamati
· Peserta didik
menyelidiki besaran yang mempengaruhi impuls
Siswa :
Mengamati
· Peserta didik
mengamati temannya yang melakukan percobaan didepan
Menanya
· Siswa
mendiskusikan pengaruh waktu (t) terhadap besarnya impuls dan pengaruh massa
(m) terhadap besarnya momentum suatu benda.
Mencoba
Peserta
didik dibagi dalam 6 kelompok
Kegiatan
pertama :
· Peserta didik
dalam kelompok diminta untuk menentukan hubungan impuls dan momentum
· Menurunkan persamaan
hubungan impuls dan momentum
Mengasosiasi
· Perwakilan tiap
kelompok maju kedepan kelas menggambarkan proses terjadinya impuls dan
momentum serta penurunan rumus yang didapatkan setelah melakukan praktikum
dengan LKS yang telah diberikan
Mengomunikasikan
· Perwakilan
siswa diminta menyampaikan hasil pengamatan yang telah dilakukan
· Menarik
kesimpulan dari praktikum yang dilakukan
· membandingkan
hasil praktikumnya dengan kelompok lain
|
65
menit
|
0 Response to "RPP IMPULS DAN MOMENTUM K13"
Post a Comment