TAK SEMUA YANG DAPAT DIHITUNG DIPERHITUNGKAN

TAK SEMUA YANG DIPERHITUNGKAN DAPAT DI HITUNG

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AIJ MEMPERBAIKI KONFIGURASI VLAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMK NEGERI 1 NGAWEN
Mata Pelajaran       : Administrasi Infrastruktur Jaringan
Bidang Keahlian     : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program keahlian   : Teknik Komputer dan Informatika
Kelas / Semester      : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran     : 2017/2018
Alokasi Waktu        : 24 JP ( 6 Pertemuan)

A.    KOMPETENSI INTI
Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
KI 3 : Memahami,menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung
B.     Kompetensi Dasar
3.2 Mengevaluasi permasalahan VLAN
4.2 melakukan perbaikan Konfigurasi VLAN
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.2.1 Menentukan cara pemeriksaan permasalahn VLAN
3.2.2 Mendeteksi letak permasalahan VLAN
4.2.1 Memperbaiki permasalahan konfigurasi VLAN
4.2.2 Menguji hasil perbaikan konfigurasi VLAN
D.    Tujuan Pembelajaran
Sikap
1.         Peserta didik memulai pelajaran dengan berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing (religius)
2.        Peserta didik secara aktif  mendiskuskan materi yang dipelajari
3.        Peserta didik dengan disiplin melaksanakan praktikum di LAB sesuai SOP
Pengetahuan
1.        Dengan diskusi secara aktif peserta didik dapat memahami langkah pengujian VLAN
2.        Dengan diskusi secara aktif peserta didik dapat memahami langkah memperbaiki konfigurasi VLAN
Keterampilan
1.         Dengan Disiplin peserta didik melaksanakan praktek pengujian konfigurasi VLAN
2.         Dengan Disiplin peserta didik melaksanakan praktek perbaiki konfigurasi VLAN
3.         Dengan Disiplin peserta didik membuat laporan praktek pengujian konfigurasi VLAN
E.     Materi Pembelajaran
· Prosedur dan teknik pemeriksaanpermasalahan padaVLAN
· Teknik konfigurasiulang VLAN
· Prosedurpengecekan hasilperbaikan
· Prosedurpembuatan laporanperbaikan VLAN
. Mengidentifikasi danmerumuskan masalahtentangpermasalahan VLAN
· Mengumpulkan datatentangpermasalahan VLAN
· Mengolah datatentangpermasalahan VLAN· Mengomunikasikan
F.     Metode Pembelajaran
1. Pendekatan                  : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran    : Problem Based Learning
3. Metode                         : Diskusi, Tanya Jawab, Praktek, Presentasi
G.    Kegiatan Pembelajaran
1  Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 menit )
Kegiatan
Guru
Peserta didik
Waktu
Pendahuluan
§  Memberi salam
§  Memeriksa kesiapan siswa (kelengkapan berpakaian) dan tempat pembelajaran (kebersihan, kerapian dan kenyamanan)
§  Berdoa
§  Guru melakukan presensi siswa
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran
§  Menjawab salam
§  Bila belum rapi peserta didik membenahi


§  Berdoa (religius)
§  Siswa merespon
§  Mengamati dan mencermati penjelasan guru

10 menit
Inti

§  Mengamati kasus konfigurasi VLAN tidak berhasil (Konfigurasi Switch Managable tidak berhasil)




§  Menampilkan materi tentang, pengujian VLAN (Konfigurasi ulang Switch Managable) untuk membantu siswa dalam menyusun rencana penyelesaian masalah





§  Browsing internet (4C)
§  Memfasilitasi peserta didik dalam diskusi







§  Melakukan penilaian diskusi




§  Memberikan penguatan dengan memberikan ulasan singkat membetulkan yang salah dan memberikan apresiasi bagi yang berhasil baik secara individu maupun kelompok  yang  terbaik.
Sintak 1. Mengidentifikasi masalah
§  Melakukan identifikasi terhadap masalah yang disajikan guru
Sintak 2. Menetapkan masalah melalui berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
Mengamati penjelasan guru, dan menggali informasi tentang pengujian VLAN (Switch managable)



Sintak 3. Mengembangkan solusi melalui pengidentifikasian alternatif-alternatif, tukar-pikiran dan mengecek perbedaan pandang
§  Melakukan diskusi tentang pengujian VLAN (Konfigurasi Switch Managable tidak berhasil) untuk mengumpulkan informasi tambahan dari handout (4C)

Sintak 4. Melakukan tindakan strategis
§  Mempresentasikan hasil diskusi
Sintak 5. Melihat ulang dan mengevaluasi pengaruh-pengaruh dari solusi yang dilakukan
§  Mengevaluasi hasil presentasi
§  Menyampaikan hambatan-hambatan selama proses pembelajaran



150 menit














Penutup
§  Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan / rangkuman materi
§  Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu konfigurasi Ulang  VLAN (konfigurasi Router tidak berhasil)
§  Guru menutup pelajaran dengan berdoa dan diakhiri dengan mengucapkan salam.
§  Membuat  kesimpulan / rangkuman materi






§  Berdoa
§  Menjawab Salam

20 menit
Pertemuan 2 (4 x 45 menit)
Kegiatan
Guru
Peserta didik
Waktu
Pendahuluan
§  Memberi salam
§  Memeriksa kesiapan siswa (kelengkapan berpakaian) dan tempat pembelajaran (kebersihan, kerapian dan kenyamanan)
§  Berdoa
§  Guru melaukan presensi siswa
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran
§  Mereview materi pertemuan sebelumnya
§  Menjawab salam
§  Bila belum rapi peserta didik membenahi


§  Berdoa (religius)
§  Siswa merespon
§  Mengamati dan mencermati penjelasan guru

10 menit
Inti


§  Menampilkan kasus Konfigurasi VLAN (konfigurasi Router tidak berhasil)



§  Menampilkan pengujian VLAN (konfigurasi Router tidak berhasil)






§  Memfasilitasi peserta didik dalam diskusi




§  Melakukan penilaian dalam presentasi



§  Memberikan penguatan dengan memberikan ulasan singkat membetulkan yang salah dan memberikan apresiasi bagi yang berhasil baik secara individu maupun kelompok  yang  terbaik.
Sintak 1. Mengidentifikasi masalah
§  Melakukan identifikasi terhadap masalah yang disajikan guru
Sintak 2. Menetapkan masalah melalui berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
§  Mengamati penjelasan guru, dan menggali informasi tentang konfigurasi VLAN (konfigurasi ulang Router)
Sintak 3. Mengembangkan solusi melalui pengidentifikasian alternatif-alternatif, tukar-pikiran dan mengecek perbedaan pandang
§  Melakukan diskusi tentang konfigurasi ulang (konfigurasi Router)
Sintak 4. Melakukan tindakan strategis
§  Melakukan presentasi konfigurasi VLAN (konfigurasi ulang Router)

Sintak 5. Melihat ulang dan mengevaluasi pengaruh-pengaruh dari solusi yang dilakukan
§  Mengevaluasi hasil presentasi
§  Menyampaikan hambatan-hambatan selama proses pembelajaran


150 menit














Penutup
§  Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan / rangkuman materi
§  Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu konfigurasi ulang Router RB Mikrotik
§  Guru menutup pelajaran dengan berdoa dan diakhiri dengan mengucapkan salam.
§  Membuat  kesimpulan / rangkuman materi





§  Berdoa
§  Menjawab Salam

20 menit
Pertemuan 3 (4 x 45 menit)
Kegiatan
Guru
Peserta didik
Waktu
Pendahuluan
§  Memberi salam
§  Memeriksa kesiapan siswa (kelengkapan berpakaian) dan tempat pembelajaran (kebersihan, kerapian dan kenyamanan)
§  Berdoa
§  Guru melaukan presensi siswa
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran
§  Mereview materi pertemuan sebelumnya
§  Menjawab salam
§  Bila belum rapi peserta didik membenahi


§  Berdoa (religius)
§  Siswa merespon
§  Mengamati dan mencermati penjelasan guru

10 menit
Inti

§  Menampilkan kasus Konfigurasi VLAN di router Mikrotik (Router sebagai Switch managable)




§  Menampilkan konfigurasi ulang VLAN (Router mikrotik sebagai Switch managable)







§  Memfasilitasi peserta didik dalam diskusi



§  Melakukan penilaian dalam presentasi




§  Memberikan penguatan dengan memberikan ulasan singkat membetulkan yang salah dan memberikan apresiasi bagi yang berhasil baik secara individu maupun kelompok  yang  terbaik.
Sintak 1. Mengidentifikasi masalah
§  Melakukan identifikasi terhadap masalah yang disajikan guru
Sintak 2. Menetapkan masalah melalui berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
§  Mengamati penjelasan guru, dan menggali informasi tentang konfigurasi ulang VLAN (Router mikrotik sebagai Switch managable)
Sintak 3. Mengembangkan solusi melalui pengidentifikasian alternatif-alternatif, tukar-pikiran dan mengecek perbedaan pandang
§  Melakukan diskusi tentang konfigurasi ulang router

Sintak 4. Melakukan tindakan strategis
§  Melakukan presentasi konfigurasi ulang VLAN (Router sebagai Switch managable)

Sintak 5. Melihat ulang dan mengevaluasi pengaruh-pengaruh dari solusi yang dilakukan
§  Mengevaluasi hasil presentasi
§  Menyampaikan hambatan-hambatan selama proses pembelajaran


150 menit














Penutup
§  Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan / rangkuman materi
§  Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu konfigurasi ulang Router mikrotik sebagai trunk
§  Guru menutup pelajaran dengan berdoa dan diakhiri dengan mengucapkan salam.
§  Membuat  kesimpulan / rangkuman materi





§  Berdoa
§  Menjawab Salam

20 menit
Pertemuan 4 (4 x 45 menit)
Kegiatan
Guru
Peserta didik
Waktu
Pendahuluan
§  Memberi salam
§  Memeriksa kesiapan siswa (kelengkapan berpakaian) dan tempat pembelajaran (kebersihan, kerapian dan kenyamanan)
§  Berdoa
§  Guru melaukan presensi siswa
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran
§  Mereview materi pertemuan sebelumnya
§  Menjawab salam
§  Bila belum rapi peserta didik membenahi


§  Berdoa (religius)
§  Siswa merespon
§  Mengamati dan mencermati penjelasan guru

10 menit
Inti

§  Menampilkan kasus Konfigurasi VLAN (Router trunk) tidak berhasil






§  Menampilkan konfigurasi ulang VLAN (Router trunk )



\

§  Memfasilitasi peserta didik dalam diskusi




§  Melakukan penilaian dalam presentasi


§  Memberikan penguatan dengan memberikan ulasan singkat membetulkan yang salah dan memberikan apresiasi bagi yang berhasil baik secara individu maupun kelompok  yang  terbaik.
Sintak 1. Mengidentifikasi masalah
§  Melakukan identifikasi terhadap masalah yang disajikan guru
Sintak 2. Menetapkan masalah melalui berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
§  Mengamati penjelasan guru, dan menggali informasi tentang konfigurasi ulang router
§  Sintak 3. Mengembangkan solusi melalui pengidentifikasian alternatif-alternatif, tukar-pikiran dan mengecek perbedaan pandang
§  Melakukan diskusi tentang konfigurasi ulang router

Sintak 4. Melakukan tindakan strategis
§  Melakukan presentasi konfigurasi ulang VLAN router
Sintak 5. Melihat ulang dan mengevaluasi pengaruh-pengaruh dari solusi yang dilakukan
§  Mengevaluasi hasil presentasi
§  Menyampaikan hambatan-hambatan selama proses pembelajaran


150 menit














Penutup
§  Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan / rangkuman materi
§  Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu melaksanakan praktik konfigurasi ulang VLAN)
§  Guru menutup pelajaran dengan berdoa dan diakhiri dengan mengucapkan salam.
§  Membuat  kesimpulan / rangkuman materi





§  Berdoa
§  Menjawab Salam

20 menit
Pertemuan 5 (4 x 45 menit)
Kegiatan
Guru
Peserta didik
Waktu
Pendahuluan
§  Memberi salam
§  Memeriksa kesiapan siswa (kelengkapan berpakaian) dan tempat pembelajaran (kebersihan, kerapian dan kenyamanan)
§  Berdoa
§  Guru melaukan presensi siswa
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran
§  Mereview materi pertemuan sebelumnya
§  Menjawab salam
§  Bila belum rapi peserta didik membenahi


§  Berdoa (religius)
§  Siswa merespon
§  Mengamati dan mencermati penjelasan guru

10 menit
Inti

§  Menampilkan kasus konfigurasi VLAN tidak berhasil





§  Menampilkan kasus konfigurasi VLAN tidak berhasil





§  Memfasilitasi peserta didik dalam praktik




§  Melakukan penilaian dalam praktik


§  Memberikan penguatan dengan memberikan ulasan singkat membetulkan yang salah dan memberikan apresiasi bagi yang berhasil baik secara individu maupun kelompok  yang  terbaik.
Sintak 1. Mengidentifikasi masalah
§  Melakukan identifikasi terhadap masalah yang disajikan guru
Sintak 2. Menetapkan masalah melalui berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
§  Mengamati penjelasan guru tentang pemecahan kasus VLAN tersebut
§  Sintak 3. Mengembangkan solusi melalui pengidentifikasian alternatif-alternatif, tukar-pikiran dan mengecek perbedaan pandang
§  Melakukan konfigurasi ulang VLAN  

Sintak 4. Melakukan tindakan strategis
§  Melakukan pengujian hasil  konfigurasi ulang VLAN
Sintak 5. Melihat ulang dan mengevaluasi pengaruh-pengaruh dari solusi yang dilakukan
§  Mengevaluasi hasil presentasi
§  Menyampaikan hambatan-hambatan selama proses pembelajaran


150 menit














Penutup
§  Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan / rangkuman materi
§  Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu konfigurasi ulang Routing
§  Guru menutup pelajaran dengan berdoa dan diakhiri dengan mengucapkan salam.
§  Membuat  kesimpulan / rangkuman materi





§  Berdoa
§  Menjawab Salam

20 menit
Pertemuan 6 (4 x 45 menit)
Kegiatan
Guru
Peserta didik
Waktu
Pendahuluan
§  Memberi salam
§  Memeriksa kesiapan siswa (kelengkapan berpakaian) dan tempat pembelajaran (kebersihan, kerapian dan kenyamanan)
§  Berdoa
§  Guru melaukan presensi siswa
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran
§  Mereview materi pertemuan sebelumnya
§  Menjawab salam
§  Bila belum rapi peserta didik membenahi


§  Berdoa (religius)
§  Siswa merespon
§  Mengamati dan mencermati penjelasan guru

10 menit
Inti

§  Menampilkan kasus konfigurasi VLAN tidak berhasil di RB mikrotik




§  Menampilkan kasus konfigurasi VLAN (RB Mikrotik)  tidak berhasil






§  Memfasilitasi peserta didik dalam diskusi




§  Melakukan penilaian dalam praktik



§  Memberikan penguatan dengan memberikan ulasan singkat membetulkan yang salah dan memberikan apresiasi bagi yang berhasil baik secara individu maupun kelompok  yang  terbaik.
Sintak 1. Mengidentifikasi masalah
§  Melakukan identifikasi terhadap masalah yang disajikan guru
Sintak 2. Menetapkan masalah melalui berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
§  Mengamati penjelasan guru tentang pemecahan kasus VLAN tersebut
§  Sintak 3. Mengembangkan solusi melalui pengidentifikasian alternatif-alternatif, tukar-pikiran dan mengecek perbedaan pandang
§  Melakukan konfigurasi ulang router

Sintak 4. Melakukan tindakan strategis
§  Melakukan pengujian konfigurasi ulang VLAN router
Sintak 5. Melihat ulang dan mengevaluasi pengaruh-pengaruh dari solusi yang dilakukan
§  Mengevaluasi hasil presentasi
§  Menyampaikan hambatan-hambatan selama proses pembelajaran


150 menit














Penutup
§  Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan / rangkuman materi
§  Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu konfigurasi ulang Routing
§  Guru menutup pelajaran dengan berdoa dan diakhiri dengan mengucapkan salam.
§  Membuat  kesimpulan / rangkuman materi





§  Berdoa
§  Menjawab Salam

20 menit
H.    Media, Alat, dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point) PDF
4. Kabel, Card Land, Tester, Hub, Tang Clam, Conector (ARJ-45)
5. Whiteboard
6. Spidol
I.       Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Administrasi Infrastruktur Jaringan Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan
J.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Pengamatan
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk
K.    Instrumen Penilaian
Terlampir
Ngawen,  Juli 2018
                                                                                           Guru Mata Pelajaran


                                                                                           Hari Nurdi, S.SI
                                                                                           NIP. 19830217 200903 1 002


0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AIJ MEMPERBAIKI KONFIGURASI VLAN"

Post a Comment